Ganti Baterai Nexus 4 (Mako Android Great Again)

Halo pembaca Insomdroid, di postingan kali ini Insomdroid bakal cerita pengalaman ganti baterai Nexus 4 alias Mako yang sekarang jadi Android yang menemani aktivitas Insomdroid. Yuk disimak mulai dari gejala baterai Nexus 4 sampai cara mengganti baterainya

Buat kamu yang belum tahu Nexus 4 diproduksi oleh LG dan diluncurkan pada tahun 2012 lalu. Sebagai Android yang dari segi usia udah bangkotan sebetulnya dari segi hardware masih layak ditandingkan dengan Android midend keluaran tahun 2016, untuk speknya kamu bisa cari di Google ya, yang jelas Nexus 4 ini ditenagai oleh prosesor qualcomm 1,5 ghz, RAM 2 GB dan memori internal 16 GB.

Oke itu tadi pengantarnya, sekarang masuk ke gejala baterai rusak Nexus 4 😁. Tanda tanda yang jelas kalo baterai kamu rusak adalah ga bisa hidup jika tidak sambil dicas, layar tidak sensitif dan dicas baterainya namun tidak penuh-penuh.

Awalnya Insomdroid kira karena salah install custom rom dan setting kernel jadi waktu itu Insomdroid flash ulang dan ganti custom rom, hasilnya sama aja baterainya tidak mau penuh bahkan lebih parah Nexus 4 tetap mati kalo tidak dicas hahaha...

Belum menyerah Insomdroid masih berpikiran positif dengan baterainya yaitu mengganti kabel data karena cas yang dipakai Insomdroid masih orisinal dan tidak bermasalah untuk mencas Android lain. Ternyata sama juga hasilnya si Nexus 4 ogah hidup jika tidak sambil dicas.

Oke jalan terakhir buka ke forum XDA dan baca-baca apakah ada user Mako mempunyai masalah yang sama. Nah setelah baca-baca fix akhirnya permasalahan nya pada baterai. Sebenarnya agak maklum juga karena umur barang elektronik adalah 5 tahun dan si Nexus 4 ini udah menginjak usia 4 tahun hehehe...

Kelar ketemu masalahnya sekarang saatnya cari baterai. Setelah jalan-jalan di beberapa toko Online paling murah Insomdroid mendapatkan harga di Tokopedia.com, bedanya pun cukup lumayan bisa buat ongkos kirimnya hehehe... Tinggal menunggu baterai datang dan download video youtube cara bongkarnya.

Oh iya kenapa Insomdroid menjadikan ini tulisan karena si Nexus 4 baterainya non removable alias ga bisa diganti dengan dibuka casingnya biasa. Alhasil harus beli obeng kecil yang biasa digunakan untuk membongkar handphone.

Dan akhirnya baterai yang ditunggu tiba juga. Tanpa menunggu lama Insomdroid langsung membongkar sendiri Nexus 4 dengan tutorial dari Youtube. Buat kamu yang mau bongkar casing Nexus 4 ada hal yang perlu diperhatikan biar casing kamu tetap mulus. Pertama copot dulu 2 sekrup di bagian bawah dekat lubang cas jangan lupa cabut dulu simcard kamu.

Kedua kalo Nexus 4 kamu belum pernah dibongkar maka harus ada usaha lebih untuk memisahkan, gunakan plastik tipis atau pick gitar di bagian sisinya sampai keluar bunyi klik. Jika sudah sekarang tarik pelan-pelan dari bawah dan hati hati saat membuka bagian plastik tombol power dan dudukan simcard. Punya Insomdroid hampir patah semua karena ga sabar wkwkwk...

Jika casing sudah terbuka masih ada 2 sekrup lagi yang menahan baterai dan harus dibuka dengan obeng + ukuran lebih kecil. Dilihat juga ada isolasi yang menahan kabel di sebelah baterai disimpan dulu karena nanti bakal dipasang lagi.

Langkah terakhir adalah mengganti baterainya dengan baterai baru yang kamu miliki. Pasang sesuai aslinya dan pasang lagi sekrup dan isolasinya. Pastikan Nexus 4 kamu nyala sebelum dipasang kembali casenya.

Oke jika sudah yakin sekarang pasang kembali case belakang Nexus 4 kamu dan Mako Android kamu great again. Jika ada yang belum jelas kasih pendapat kamu di kolom komentar ya 😉


Comments

Popular posts from this blog

8 Aplikasi Android Untuk Jualan Online Kamu

10 Aplikasi Untuk Membuat Game Android Versi Nubie

8 Aplikasi Yang Merubah Androidmu Jadi Gadget Canggih Lain