Tutorial Modding APK di Windows 10

www.insomdroid.xyz

Buat pengguna Android, pasti akrab dengan modifikasi aplikasi Android atau lebih dikenal dengan istilah modding APK. Namun. Berikut adalah tutorial decompile APK dengan PC Windows 10. Setelah mencoba mencari beberapa tools untuk modding APK di XDA, saya menemukan tools yang mudah digunakan untuk memodifikasi APK

Nama toolsnya adalah Advanced ApkTool yang dibuat oleh BDFreak. Mengapa saya katakan mudah karena kita tidak perlu menggunakan kombinasi di CMD saat decompile APK karena telah menggunakan tampilan grafis yang sederhana serta mudah dipahami. Kelebihan lain dari tools ini menurut saya adalah bisa men decompile aplikasi sistem Android Lollipop dan langsung kompatibel di Windows 10. Untuk fitur lainnya dapat dilihat di thread XDA di atas.

Baiklah kita mulai tutorialnya, hal pertama yang harus dilakukan untuk bisa modding APK adalah memastikan bahwa software Java terinstal di komputer kita. Jika belum punya Java maka kamu dapat mendownloadnya di Java untuk Windows 10 . Jika sudah tunggu hingga selesai instal dan restart komputer kamu.

Setelah Java terinstal sekarang kita  instal tools Advance ApkToolnya dengan cara meng extract dari zip hasil download an dan letakkan di folder yang kamu suka. Saya sendiri meletakkannya di C: User > Insomdroid > Download. Jangan ketinggalan instal juga Notepad++ supaya memudahkan kita dalam mengedit teks xml yang dapat di download disini

Jika sudah terekstrak maka akan ada 4 folder yaitu BDfreak- In - Out - Done serta 1 aplikasi exe, klik saja di icon Advance APKtoolnya. Jika sudah terbuka maka akan keluar menu dengan 7 opsi silahkan jelajahi terlebih dahulu hehehe....

Berikutnya kita akan menginstal Framework-res.apk supaya proses decompile-recompile APK bisa berjalan. Oh iya di Android letak file Framework-res.apk ini terletak di System/Framework, pastikan Android kamu sudah ter root supaya filenya bisa di copy ke sdcard dan menaruhnya di komputer. Letakkan File Framework-res.apk ini di dalam folder In kemudian pencet opsi 1- Instal Framework di menu Advance ApkTool.  Hal ini cukup dilakukan sekali di awal kecuali terjadi error maka hapus folder framework di dalam folder BDfreak dan lakukan proses instal framework lagi.

Tips untuk menghindari error saat proses modding APK sistem sebaiknya gunakan file Framework yang sesuai dengan file APK yang akan kita modifikasi. Sebagai contoh gunakan file Framework-res.apk Jellybean (JB) jika ingin memodifikasi file system JB, begitu juga dengan Kitkat dan seterusnya. Jika sudah terinstal maka Advance Apktool ini sudah siap digunakan.

Untuk mencobanya silahkan masukkan APK yang ingin di modding di folder 2- IN, lakukan proses decompile apk dengan memasukkan angka 2 dari menu utama Advance APKtools dan ikuti perintahnya. Hasil dari proses decompile ini akan ada di folder 3 - Out, silahkan modifikasi APKnya.

Jika sudah selesai melakukan modding pada APK maka lakukan proses recompile dengan memasukkan angka 3 disitu akan ada beberapa pilihan, saya sendiri biasanya memilih opsi nomer 4 yaitu Recompile, Sign and Zipalign ketika memodding aplikasi pihak ketiga. Jika sukses maka file APK hasil modding ini akan keluar di folder 4 - Done. Jika terjadi error maka akan ada pilihan untuk melihat log file error dari APK yang kita modding, untuk memudahkan pastikan membuka error log ini dengan Notepad++ dan lihat dimana errornya.

Finally its done, selamat sekarang kamu dapat berkreasi dengan APK dengan mudah di Windows 10 dengan Advance APKTool. Pesan dari Insomdroid gunakan tools ini dengan bijak, jangan membajak aplikasi dan tema orang lain yang berbayar dengan cara mengambil aplikasi icon, tema dan sebagainya serta dibagikan gratis (contoh : ambil icon setting dari tema cm 12 berbayar terus taruh di setting.apk di custom rom xD ), developernya pasti sudah susah payah membuat aplikasi mereka dan biasanya di Playstore harganya ga lebih dari 20ribu rupiah :) . Salam

Comments

Popular posts from this blog

Ini Dia Daftar Custom Rom Asli Indonesia