4 Tips Terbaru Untuk Pengguna Android Dari Google

www.insomdroid.xyz

Halo pembaca Insomdroid, sehat semuanya? Pada postingan kali ini Insomdroid akan menuliskan artikel yang baru saja dibagikan oleh Google tentang 4 tips menggunakan Android secara aman dan mudah supaya kamu semakin asik ber-Android. Tips dari Google ini ditulis di blog resmi Android dalam rangka merayakan Hari Internet Aman dunia pada tanggal 9 Januari kemarin.

Well seperti kita ketahui pengguna Android di dunia semakin hari semakin besar jumlahnya. Di Indonesia saja menurut data yang dirilis EMarketer pada akhir tahun 2015 lalu terdapat 55 juta pengguna Android di Indonesia. Jumlah pengguna Android ini diperkirakan akan meningkat hingga 65 juta orang pada tahun ini, hmmm sangat banyak bukan pengguna Android?

Namun demikian jumlah pengguna Android yang semakin besar tidak diimbangi dengan kesadaran penggunanya tentang keamanannya di dunia maya khususnya para pengguna Android. Padahal seperti kita ketahui bentuk kejahatan di dunia maya ini bermacam-macam modusnya mulai dari masuknya aplikasi malware di Android, hilangnya privasi hingga dicurinya data penting yang kita miliki di Android kita.

www.insomdroid.xyz

Untuk itulah Google memberikan 4 tips aman menggunakan Android pada perayaan Hari Internet Aman guna mengamankan Android kita dari gangguan dunia maya. Tips yang diberikan oleh Google ini juga tidak perlu membuat kita repot karena semua bisa dilakukan langsung dari Android yang kita punya. Nah apa saja 4 tips menggunakan Android secara aman dari Google mari kita simak.

1. Download aplikasi Android hanya di Google Playstore.
Google memberikan tips aman supaya kita hanya menginstall aplikasi Android hanya dari Google Playstore. Mereka memberikan penjelasan proses penyaringan aplikasi Android yang diunggah di Google Playstore sangat aman karena melalui beberapa tahapan seperti aplikasi yang diunggah harus memenuhi aturan Google, disaring oleh komputer kemudian di review manual oleh tim keamanan Google. Jadi kalo kamu tidak ingin Androidnya kena malware/adware selalu install aplikasinya dari Google Playstore ya.

2. Aktifkan kunci layar dan Android Device Manager di Android kamu.
Tips kedua dari Google ini untuk menjaga Android kamu ketika suatu saat hilang sehingga Android kita tidak bisa dilihat isinya. Mengaktifkan kunci Android bisa kamu lakukan dengan cara masuk ke Pengaturan-kunci layar dan pilih dari 5 pilihan yang ada. Insomdroid menyarankan kamu memilih PIN untuk kunci layarnya, selain kamu bisa memilih sendiri sehingga susah untuk ditebak pastikan PIN yang kamu pilih tidak sama dengan PIN akun kamu lainnya. Sedangkan untuk mengaktifkan Android Device Manager Insomdroid pernah menulisnya di artikel menemukan Android yang hilang menggunakan Android Device Manger.

3. Selalu aktifkan fitur enkripsi data di Android kamu
Google menyarankan supaya kamu mengaktifkan fitur enkripsi data di Android kamu. Hal ini harus dilakukan agar data yang ada di Android kamu tidak mudah dibaca kembali saat hilang saat tidak dienkripsi. Bayangkan kalo data yang ada di Android kamu diambil orang yang tidak kamu kenal bisa jadi data-data kamu bisa digunakan untuk tindak kejahatan seperti penipuan atau membajak akun media sosial kamu wew serem kan. Untuk fitur enkripsi data ini secara default sudah diaktifkan untuk kamu pengguna Android yang sudah menggunakan OS Android versi terbaru yaitu Android Marshamallow (M). Untuk kamu yang belum menggunakan Android M jangan khawatir kamu bisa mengenkripsi data kamu secara manual lewat cara masuk di Pengaturan-Keamanan-Enkripsi Data.

4. Atur fitur akses aplikasi di Android kamu
Untuk tips yang terakhir dari Google ini sayangnya hanya dapat digunakan oleh pengguna Android M saja. Fitur perijinan aplikasi ini dapat mengatur data apa saja yang dapat diakses oleh aplikasi yang terinstall di Android kamu, contoh aplikasi senter tidak bisa mengakses sms kamu (Insomdroid pernah menemukan aplikasi ini loh di Google Playstore dan saat ini sudah dihapus oleh Google). Pengguna Android M dapat mengatur akses ini di Pengaturan-Aplikasi-perijinan aplikasi.

Oke itu tadi tips aman menggunakan Android dari Google yang dibagikan pada perayaan Hari Internet Aman Dunia. Insomdroid sarankan kamu mengikuti saran dari Google supaya Android kamu aman dan terlindung dari ancaman kejahatan internet, kalau kamu punya tips lainnya untuk mengamankan Android jangan lupa kasih saran di kolom komentar ya.

Sumber : Android Official Blog

Comments

Popular posts from this blog

Ini Dia Daftar Custom Rom Asli Indonesia

Tutorial Modding APK di Windows 10