Tutorial Install Custom Recovery Android Tanpa PC (CWM&TWRP)

www.insomdroid.xyz

Halo pembaca Insomdroid, seperti janji Insomdroid pada pembahasan custom recovery di Android kemarin, hari ini Insomdroid akan membahas tutorial/cara menginstal custom recovery di Android. Hal pertama yang harus kamu ingat adalah kamu harus yakin dan tahu dulu apa tujuanmu mengganti recovery bawaan Android kamu dengan custom recovery. Kalo kamu seorang yang berani mengambil resiko yuk kita lanjutkan membaca tutorialnya

Jika kamu sudah yakin bakal menjadi opreker Android dan siap bertualang di dunia custom rom tidak salah kamu menginstall custom recovery. Pernah Insomdroid bahas juga di postingan sebelumnya salah satu keunggulan custom recovery ini antara lain kita bisa menginstall custom rom Android.

Saat ini menginstal custom recovery lebih mudah karena bisa dilakukan langsung dari Android kamu maupun menggunakan PC. Artinya kamu tidak membutuhkan PC untuk menginstal custom recovery dan hanya perlu mendownloadnya di Google Playstore.

Oh iya pastikan juga Android kamu sudah dalam posisi root dan tersedia firmware OS Android kamu yang dapat di flash jika terjadi kesalahan nantinya. Jika kamu belum tahu firmware bawaan Android kamu dan bagaimana cara menginstallnya, kamu bisa membuka web resmi ponsel Androidmu atau bergabung dengan grup yang membahas khusus device kamu. Biasanya disana tersedia cara dan link download untuk mengembalikan Android kamu kembali ke keadaan normal.

www.insomdroid.xyz

Jika Android kamu sudah dalam posisi ter root, kamu bisa terlebih dahulu membackup semua data kamu, Insomdroid menyarankan untuk menaruhnya di PC meskipun tidak masalah jika kamu membackupnya di SD Card saja. Kamu dapat membackup data di ponsel kamu dengan menggunakan Titanium Backup di Google Playstore. Aplikasi ini gratis dan cukup lengkap fiturnya untuk membackup data meskipun kamu hanya menggunakan versi gratisnya.

Cara paling mudah untuk menginstal custom recovery adalah menggantinya langsung dari Android kamu dengan aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu download di Google Playstore, berikut diantaranya yang menurut Insomdroid terbaik di Google Playstore.

  • ROM Manager - Download - Ini adalah aplikasi paling mudah untuk menginstal custom recovery ClockWorkMod (CWM). Jika Android kamu mendukung CWM maka ini aplikasi yang tepat. Kamu tinggal mendownload CWM yang sesuai dengan device kamu dan aplikasi ini akan mengganti recovery kamu secara otomatis. Fitur menarik lainnya dari aplikasi ini adalah dapat membackup/restore data kamu tanpa harus masuk ke CWM terlebih dahulu.
  • TWRP Manager - Download - Nah kalo aplikasi ini mengkhususkan untuk Android kamu yang disupport Team Win Recovery Project (TWRP). Hampir sama dengan ROM Manager, kamu tinggal memilih TWRP yang cocok dengan Android kamu dan akan otomatis mengganti stock recovery. kelebihan lain aplikasi ini adalah bisa membackup secara langsung tanpa harus masuk ke TWRP
  • Rashr Flash Tool - Download - Aplikasi ini terbilang cukup lengkap, karena mensupport lebih dari 3500 device dengan 3 custom recovery yaitu CWM, TWRP dan Phil Touch Recovery. Hebatnya lagi aplikasi ini open source serta kamu dapat melihat log ketika aplikasi ini digunakan.
  • Mobileuncle MTK Tools - Download - Untuk kamu pengguna Android dengan prosesor Mediatek, Insomdroid sarankan menggunakan aplikasi ini. Selain mudah untuk menginstall custom recovery, aplikasi ini juga dapat membuka fitur tersembunyi yang ada di Android Mediatek kamu.
Oke itu tadi cara mudah untuk menginstall custom recovery android tanpa harus menggunakan PC. Jika kamu tidak menemukan satupun custom recovery untuk Androidmu disana, carilah di forum atau grup yang membahas device Androidmu. Jangan keliru juga ketika menginstall custom recovery karena format yang benar dari custom recovery adalah IMG. 

Oh iya sebagai penutup beberapa device Android mengharuskan kamu untuk mengunlock bootloader terlebih dahulu, kamu dapat mencari caranya di google terlebih dahulu. Jadi sudah bisa install custom recovery di Android kamu? Jangan lupa tinggalkan pesan di kolom komentar ya :)

Comments

  1. Custom Recovery untuk setiap device pasti berbeda2, dan sekrng Custum recovery sudah bisa di install lngsung melalui HH dengan format zip..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya om semakin mudah ngoprek kalo jaman sekarang dibanding dulu hehehe...

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ini Dia Daftar Custom Rom Asli Indonesia

Tutorial Modding APK di Windows 10