Tutorial Menggunakan Android Device Manager

www.insomdroid.xyz

Halo pembaca Insomdroid pernah kehilangan ponsel Androidnya? Wah jangan sampai deh kejadian karena jika pernah kehilangan rasanya sedih sekali bukan, apalagi kalo Androidnya penuh gambar dan data kenangan dari mantan kamu hahaha... Nah pada postingan kali ini Insomdroid akan membagikan cara menggunakan Android Device Manager yang salah satu fungsinya bisa menemukan Android kamu yang hilang. Yuk kita mulai pembahasan cara menggunakan Android Device Manager.

Di era serba online ini jika pernah kehilangan Android pasti kamu bakal merasa kesusahan. Apalagi jika Androidnya berisi data-data penting yang belum sempat kamu backup. Biasanya orang segera mengikhlaskan ketika kehilangan Androidnya, padahal secara bawaan Google telah memberikan antisipasi untuk menemukan smartphone kita dengan aplikasi Android Device Manager.

Meluncur pada tahun 2014 lalu Android Device Manager memiliki beberapa fitur berguna seperti menemukan lokasi Android kita, membunyikan ringtone Android dengan volume maksimal hingga mem-Factory Reset (mengembalikan setelan pabrik) Android. Jika kamu menggunakan fitur yang terakhir artinya data-data pentingmu bisa terhapus jika Androidnya ditemukan orang lain.

www.insomdroid.xyz

Untuk menggunakan fitur Android Device Manager kamu diharuskan mempunyai akun Google (Ya iyalah namanya juga Android :D) dan aplikasinya yang dapat kita download langsung di Google PlayStore di sini. Jika sudah terdownload dan ingin Android Device Manager ini bekerja maksimal kamu harus mengaktifkan fitur Device Administrators di Setting - Security - Device administrators dan berilah centang di Android Device Manager.

Kegunaan mengaktifkan Device administrators adalah kamu bisa mengunci dan mereset ulang Androidmu dari PC secara online. Fitur yang bermanfaat meskipun Insomdroid rasakan belum semaksimal fitur serupa di IOS misalnya yang langsung mengunci devicemu meski sudah di factory reset terlebih dahulu. Minimal fitur ini bisa mengunci Androidmu jika belum terlanjur di factory reset oleh penemu barunya.

www.insomdroid.xyz

Oke jika langkah diatas sudah dilakukan, hal yang perlu kamu lakukan untuk menemukan Android kamu yang hilang adalah membuka website Android Device Manager di sini. Jangan lupa kamu diharuskan Sign In dengan akun Google yang sama dengan Androidmu yang hilang ya.

Di website Android Device Manager tersebut akan tampil Android yang tersinkronisasi dengan akun Googlemu beserta 3 pilihan yaitu Deringkan - Kunci - Hapus. Insomdroid akan menjelaskan masing-masing fungsi yang ada di website tersebut.

www.insomdroid.xyz

Deringkan : Android kamu yang hilang akan berbunyi dengan volume maksimal sampai 5 menit atau sampai ditekan tombol power. Fitur ini berguna kalo kamu lupa naruh Android kamu dimana hehehe...

Kunci : Layar Kunci Android kamu bakal berubah jadi password lain, artinya orang tidak bisa membuka Android mu jika kamu ganti passwordnya dari fitur ini. Fitur ini juga memungkinkan kita memasukkan pesan dan nomer telpon yang bisa dihubungi dan akan tampil di layar kunci kamu. Kalo orang yang menemukannya baik bisa jadi kamu bakal ditelepon dan diberitahu penemunya hehehe...Oh iya Insomdroid pesan jangan gunakan password yang sama dengan akun Google kita ya.

Hapus : Nah fitur ini kalo kamu sudah rela kehilangan Androidmu karena fungsi Hapus ini akan mengembalikan Androidmu seperti bawaan pabrik alias kembali seperti baru. Jika Androidmu yang hilang tersebut dalam posisi mati jangan khawatir karena proses ini akan berjalan terus hingga Androidmu nyala dan terhubung dengan koneksi internet. Kalo kamu sudah desperate atau sudah punya Android baru lakukan langkah ini untuk mengamankan datanya.

www.insomdroid.xyz

Oke itu tadi cara menggunakan Android Device Manager untuk menemukan Androidmu yang hilang. Insomdroid pesan selalu aktifkan fitur GPS mu di Android supaya Androidmu bisa ditemukan kembali dengan mudah dan bisa dipantau keberadaannya secara langsung di website Android Device Manager. Pembaca Insomdroid ada yang pernah menemukan kembali Androidnya yang hilang dengan menggunakan Android Device Manager? Tinggalkan pesan di komentar ya :)

Comments

Popular posts from this blog

Ini Dia Daftar Custom Rom Asli Indonesia

Tutorial Modding APK di Windows 10