Clash Of Clan (COC) Error dan Cara Mengatasinya


Hai pembaca Insomdroid pasti akrab kan dengan game bernama Clash Of Clan alias COC? Kalo kamu buka postingan ini kamu pasti tahu sete;aj update terakhir COC seringkali mengalami error. Meskipun jarang terjadi tapi agak ngeselin kan kalo lagi war tiba-tiba COC error. Insomdroid pun mengalaminya setelah game buatan SuperCell ini update dengan fitur-fitur barunya.

Seperti yang kita ketahui, game populer COC habis mengalami update yang bisa dibilang banyak perubahan yang besar. Update COC kali ini seperti kita bisa memaksimalkan sampai TownHall (TH) level 11, adanya hero baru bernama Grand Warden dan sistem permainan baru dimana shield kita menjadi tidak berfungsi seperti versi sebelumnya.

Meskipun ada pro kontra dari update terbaru COC ini, Insomdroid tetap enjoy meskipun jarang main hahaha.. Namun buat kamu yang sering main apalagi war mungkin pernah mengalami COC nya error ketika sedang masa preparation. Terjadinya bug ini sangat merugikan kita karena tidak adanya tambahan waktu saat kita sedang preparation war. Hal terburuk yang bisa terjadi adalah kita war tanpa adanya bantuan dari troops teman clan kita saat war berlangsung.

Kamu tidak sendirian sebenarnya, karena di forum COC pun banyak pemain game ini mengeluhkan hal yang sama. Errornya sendiri bermacam-macam seperti COC nya menutup sendiri alias force closed saat memencet TH sendiri atau teman. Error juga terjadi saat kita akan menyumbang troops ke teman kita di masa preparation war, bahkan ada yang mengalami COC nya error total saat mau dibuka alias kita tidak bisa bermain.

Awalnya Insomdroid mengira bug COC ini terjadi karena kita memakai hack X-mod khusus COC, namun demikian dugaan Insomdroid salah. Bahkan setelah X-Mod COC diuninstall, error tetap saja terjadi dengan posisi yang sama. Buat kamu yang belum tahu, Xmod ini biasa digunakan untuk meng-hack COC meskipun tidak sepenuhnya benar. Memakai aplikasi ini hanya memungkinkan kamu untuk memilih musuh yang setara, simulasi untuk menyerang dan mengetes semua source di COC namun tidak online modenya.

Entah apa yang terjadi dengan update-an COC sekarang, yang jelas bug ini sangat mengganggu keasikan kita saat bermain COC. Pihak Supercell pun belum memberi jawaban yang jelas tentang bug ini. Update-an terakhir COC hanya mengubah tampilan game ini dengan tema salju.

Solusi sementara untuk mengatasi COC error ini ada beberapa macam. Insomdroid mendapatkannya dari membaca di forum COC dan hasil Googling, ini dia caranya mengatasi COC error. Oh iya ini solusi sementara menunggu update an baru dari pihak Supercell ya.

  • Uninstall COC kamu dan download ulang game COC dari Google Playstore
  • Clear Cache game COC kamu dari menu Setting > Apps > Clash Of Clan
  • Sign Out akun Google kamu dari menu Setting > Akun lalu Sign In lagi.
Sekian dulu postingan tentang cara mengatasi COC error. Semoga dengan tutorial di atas kamu tidak lagi mengalami COC yang error karena update versi terbaru. Jangan lupa komentar ya kalo ada cara lain mengatasi bug COC ini :D

Comments

Popular posts from this blog

Ini Dia Daftar Custom Rom Asli Indonesia

Tutorial Modding APK di Windows 10