Raspberry Pi si Komputer Enam Puluh Ribu Rupiah!

www.insomdroid.xyz

Komputer murah harga 60 ribu an? Yups kamu ga salah baca karena dua hari yang lalu Raspberry Pi baru saja mengumumkan Raspberry Pi Zero dengan harga 5 US$ dolar saja. Bahkan salah satu majalah yang khusus membahas Raspberry Pi yaitu The Magpi menggratiskan alias Free Raspberry Pi Zero di edisi Bulan Desember. Gadget menarik niy kalo kamu pengen belajar saudara kandung dari Android yaitu OS Linux.

Buat kamu yang belum tau, Raspberry Pi adalah komputer mini yang telah diluncurkan pada tahun 2012 lalu. Tujuan awal pembuatan Raspberry Pi seperti diutarakan Eben Upton penemunya adalah agar anak-anak dapat belajar komputer sejak dini dan juga terjangkau harganya di negara berkembang.

Setelah kesuksesan Raspberry Pi kemudian bermunculan komputer-komputer mini berharga murah yang menarik minat masyarakat. Nah sampai saat ini di Indonesia siy belum begitu ngetop, namun sebenarnya sudah banyak proyek menggunakan Raspberry Pi di kalangan pegiat elektronik.

Bicara tentang spesifikasi, si Raspberry Zero ini tidak kalah dari pendahulunya (saat ini Raspberry Pi punya beberapa varian seperti A, A+, B, dsb), kamu bisa lihat disini :
  • Broadcom BCM2835 application processor
  • 1GHz ARM11 core (40% faster than Raspberry Pi 1)
  • 512MB of LPDDR2 SDRAM
  • Micro-SD card slot
  • Mini-HDMI socket for 1080p60 video output
  • Micro-USB sockets for data and power
  • Unpopulated 40-pin GPIO header
  • Identical pinout to Model A+/B+/2B
  • Unpopulated composite video header
  • Ukuran  65mm x 30mm x 5mm
Jika melihat spek diatas Raspberry Pi Zero sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar komputer kamu sehari-hari seperti browsing, nonton film, dengerin musik, ngeblog dan lain-lain. Apalagi kalo kamu seorang opreker Android, kamu bisa berkreasi juga dengan Raspberry Pi Zero entah itu ngoding, bikin robot atau bikin komputer multimedia. Kamu bisa lihat berbagai macam proyek Raspberry Pi di internet atau cari juga videonya di Youtube.

Insomdroid sendiri juga pengen ngerasain komputer seharga paket internet ini, lumayan sepertinya kalo lagi bosan otak atik Android hehehe... Sayangnya sampai saat ini Raspberry Pi Zero belum ada yang jual di Indonesia, karena dalam sehari saja Raspberry Pi Zero langsung ludes terjual. Sambil mainin Andoid kita tunggu saja kehadirannya di negara tercinta, salam :D

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ini Dia Daftar Custom Rom Asli Indonesia

Tutorial Modding APK di Windows 10