Apa itu AOSP?

www.insomdroid.xyz

Saya tergelitik menulis artikel ini setelah belajar tentang apa itu Android Open Source Project atau biasa disingkat AOSP. Artikel ini saya tulis sebagai bahan pembelajaran tentang Android, jika kemudian ada tambahan ilmu atau kesalahan pada artikel ini maka kelak akan saya perbaiki.

Oke kita mulai dengan Android. Apa itu Android? Begini definisi menurut situs resminya di What Is Android"...Android is an open source software stack for a wide range of mobile devices and a corresponding open source project led by Google. This site offers the information and source code you need to create custom variants of the Android stack, port devices and accessories to the Android platform, and ensure your devices meet compatibility requirements.." 

Jika baca definisi diatas, Android adalah sebuah program open source, bukan hanya sekedar sistem operasi buat smartphone saja tapi bisa juga devices dan aksesoris lain dengan spesifikasi yang mendukung. Maka tak heran kemudian muncul tv, mesin cuci, kulkas berbasis Android, karena Android dapat diaplikasikan di segala platform. Di situs Wikipedia Android didefinisikan sebagai berikut,"..Android is a mobile operating system (OS) based on the Linux kernel and currently developed by Google.."

Baik lanjut dari definisi diatas kita lihat ada kata Open Source Project. Apa artinya Open Source Project? Lagi saya mencarinya di google dan menemukan artikel menarik yang mudah dipahami disini Apa Itu Open Source. Anda bisa membacanya jika tertarik dengan dunia open source.

Berikut saya kutip isinya secara singkat "...jika diartikan menurut arti kata, – Open Source- dalam bahasa Indonesia berarti Kode Terbuka. Kode yang dimaksud disini bukanlah kode morse, ataupun kode barang, tetapi yang kode yang dimaksud disini adalah Kode Program. Kode Program yang dimaksud adalah perintah – perintah yang diketikkan berdasarkan logika yang benar. 

Suatu program dengan lisensi Open Source berarti program tersebut membuka Kode Programnya bagi siapa saja yang ingin mempelajarinya, caranya dengan menyertakan kode program bersama dengan distribusi paket program yang sudah jadi (hasil kompilasi). Dengan penyertaan kode program tersebut, pembeli atau pengguna program dapat membedah program tersebut, melakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhannya, bahkan memperbaiki -Bug- atau kesalahan logika dalam program tersebut...."

Lantas apa hubungannya antara kedua definisi diatas? Android merupakan Open Source Project maka setiap pengembang Android diharuskan mengikuti aturan lisensi dari kode aslinya. Android sendiri memakai banyak lisensi seperti dijelaskan di halaman Lisensi Android.

Di situ dijelaskan bahwa Android banyak menggunakan Lisensi Apache 2.0 dengan beberapa pengecualian seperti Kernel Android yang menggunakan Lisensi GPL Versi 2. Penjelasan tentang berbagai macam lisensi dapat dengan mudah ditemukan di google, namun untuk pengantar yang mudah bisa dibaca di artikel Lisensi Open Source . Sekian dulu untuk artikel ini, semoga bermanfaat.

Referensi :
https://source.android.com/
https://dedenthea.wordpress.com/
https://en.wikipedia.org/wiki/Android_(operating_system)#Open-source_community

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ini Dia Daftar Custom Rom Asli Indonesia

Tutorial Modding APK di Windows 10