Android N di Nexus 4

Halo pembaca Insomdroid masih suka oprek androidnya? Kalo iya sama kaya Insomdroid hehehe... Nah kali ini Insomdroid bakal ngasih review Android N (Nougat) di Nexus 4. Well buat kamu yang belum bisa upgrade ke Android N di postingan ini bakal Insomdroid kasih tahu apa saja fitur-fitur baru yang ada di OS 7.0 ini, yuk disimak ulasan Android N di Nexus 4.

Sebagai pengguna Nexus yang beruntung Insomdroid bisa mencicipi Android N tidak lama setelah diluncurkan resmi oleh Google untuk Nexus 6P dan 5x. Custom Rom Android N Nexus 4 ini Insomdroid dapatkan di XDA yang dibuild sama developer bernama Zaclimon. Untuk pengguna device lain sepertinya di XDA juga sudah banyak custom rom Android N so coba cari aja ya di sana.
Oh iya jangan lupa yang mau mencoba Android N siapkan juga Gapps dan SuperSU untuk diinstal juga. Insomdroid sendiri menggunakan Gapps di opengapps yang nano alias paling kecil dan SuperSU terbaru di trid XDA-nya.
Cara install Android N di Nexus 4 berdasarkan pengalaman kemarin Insomdroid mem-wipe terlebih dahulu data-cache-dalvik(art)cache dan system di menu TWRP. Setelah booting berhasil baru masuk lagi ke TWRP baru install Gapps dan SuperSUnya. Cara ini untuk mengatasi setup wizard error di awal yang banyak dikeluhkan di XDA.

Setelah berhasil install Android N di Nexus 4 barulah Insomdroid melihat isinya. Karena ini rom berbasis AOSP jadi launchernya belum menggunakan Nexus Launcher yang sempat heboh beberapa waktu lalu. Kalo tertarik menginstall Nexus Launchernya bisa kamu cari juga di XDA loh.
Namun begitu sudah ada perubahan di launcher AOSP ini yaitu aplikasi yang bila di drag ke homescreen bisa masuk langsung ke App Info seperti saat menggunakan Nova Launcher. Entahlah ini baru atau tidak tapi di Android M setau Insomdroid sepertinya belum bisa deh.
Android N sekilas memang tidak membawa banyak perubahan di menu utama apalagi ini rom AOSP yang dikenal pure Android hehehe... namun di Setting akan terlihat perbedaannya Android N dengan Android M.
Ada informasi yang lebih rinci tentang pengaturan di Android N di tampilan settingny. Selain itu ada saran pengaturan juga yang tampil di bagian paling atas jika kita lupa mengatur sesuatu dan yang menarik lagi tampilan dual mode di Setting jika kita masuk di submenu pengaturannya. Jangan lupa juga lihat file manager Android N yang sekarang lebih lengkap di menu storage.
Sekarang kita bicara fitur di Android N yang menurut Insomdroid menarik terutama dari segi kegunaan. Beberapa fitur favorit Insomdroid adalah kemampuan membalas notifikasi dari headsup tanpa harus membuka aplikasinya, fitur multiwindow alias 2 aplikasi terbuka bersama membagi layar yang sudah berjalan sempurna serta tombol clear all recent yang di Android N ini dipindahkan ke kanan atas.
Untuk bagian SystemUI dan notifikasi juga ada sedikit perubahan semisal jika kita menarik quicksetting maka tidak langsung terbuka keseluruhan tapi hanya  terlihat 5 fitur teratas (ingat notifikasi di GB kira-kira seperti itu) jika kita tarik lagi barulah terlihat keseluruhan quicksetting yang bisa kita kurangi dan tambahkan fiturnya sesuai keinginan.
Jika belum puas dengan pengaturan bawaan Android N kita bisa mengaktifkan fitur tersembunyi di Android N. Caranya sama kita tinggal menekan agak lama icon setting di quicksetting maka nanti akan ada pilihan enable systemui tuner? Jawab saja yes maka akan keluar pengaturan tambahan ini di Settingnya.
Di SystemUI tuner ini kamu bisa mengaktifkan icon apa yang tampil di statusbar, pengaturan tampilan persen baterai dan pengaturan jam seperti memakai customrom. Tambahan lain bagi pengguna Android N bisa mendownload pelengkap fitur tersembunyi yang tidak jadi dirilis seperti Night Mode enabler di Playstore.
Semakin kesini sepertinya Google mengadopsi fitur-fitur yang sudah lebih dulu ada di custom rom ya? Untuk performa sendiri Insomdroid belum bisa menilai tapi yang jelas sama smoothnya dengan Android M dan secara manajemen RAM sepertinya lebih baik di Android N ini. Dengan jumlah aplikasi terinstall sama saat memakai Android M, sekarang terlihat ram usagenya berkurang hingga 200 MB
Oke sebagai penutup sekarang bicara tentang bug Android N di Nexus 4 ini. Karena masih terbilang awal maka Insomdroid menganggap wajar ada ketidaksempurnaan di custom rom Android N ini. Semoga sudah sembuh di rilis berikutnya hehehe...

Karena bugnya jarang muncul buat Insomdroid rom Android N sudah bisa jadi daily driver alias dipakai sehari-hari di Nexus kamu. Jadi kamu sudah coba juga Android N di Nexus kamu? gimana pengalamannya, share di komentar ya :)

Comments

Popular posts from this blog

8 Aplikasi Android Untuk Jualan Online Kamu

10 Aplikasi Untuk Membuat Game Android Versi Nubie

8 Aplikasi Yang Merubah Androidmu Jadi Gadget Canggih Lain