Prosesor Ponsel Android Terbaru Di Tahun 2016

www.insomdroid.xyz

Halo pembaca Insomdroid kali ini kita akan membahas prosesor ponsel Android terbaru yang akan muncul di tahun 2106. Seperti kita ketahui teknologi ponsel Android selalu berkembang dari waktu ke waktu termasuk teknologi prosesor yang menjadi otak dari ponsel Android kita. Apa saja prosesor untuk ponsel Android yang bakal keluar di tahun ini yuk kita ulas.

Banyak merk prosesor ponsel Android yang dikeluarkan pada tahun 2016 ini. Pabrikan yang terkenal memproduksi prosesor misalnya Qualcomm, Mediatek, Samsung dan Huawei. Tentu masih ada lagi pabrikan prosesor yang lain namun jarang Insomdroid temui di ponsel Android yang keluar belakangan ini. Biasanya pabrikan tersebut mengeluarkan tipe prosesor yang berbeda dengan harga dan peruntukan yang berbeda pula.

Perbedaan tipe prosesor biasanya dikelompokkan menjadi 3 yaitu prosesor tipe low-end, mid-end dan high end. Adanya 3 kelas prosesor berbeda ini tentu berpengaruh dengan teknologi dan fitur yang dibawanya. Semakin mahal tentu semakin baik fitur dan kemampuannya dalam berpikir di ponsel Android kita.

Lalu dari ke 4 produsen prosesor ponsel Android di atas produk apa saja yang akan mereka keluarkan di tahun 2016 ini, Insomdroid coba mengumpulkan beritanya dari berbagai situs berita dan tentunya website resmi mereka masing-masing untuk membuat daftar dibawah ini.

Qualcomm
Tahun ini Qualcomm meluncurkan 4 tipe prosesor Android yang berbeda-beda. Untuk kelas lowend Qualcomm mengumumkan Qualcomm Snapdragon 425 sebagai penerus Qualcomm Snapdragon 410 yang banyak digunakan ponsel Android murah di tahun kemarin. Untuk kelas midend Qualcomm mengandalkan 2 prosesor Octacorenya yaitu Qualcomm Snapdragon 435 dan 625. Sedangkan di kelas highendnya Qualcomm Snapdragon 820 menjadi andalan Qualcomm untuk tahun ini. Beberapa ponsel highend bahkan secara resmi sudah mengumumkan prosesor ini seperti Samsung Galaxy S7, LG G5 dan Xiaomi Mi5.

Mediatek
Pabrik prosesor asal China Mediatek tidak mau ketinggalan memamerkan prosesor terbaru ponsel Androidnya di tahun 2016. Sebagaimana kita ketahui ponsel Android dengan prosesor Mediatek dikenal karena harganya yang murah namun performanya memuaskan. Di situs resminya Mediatek mengumumkan prosesor ponsel Android terbarunya di tahun 2016 di kelas lowend dengan seri MT6750. Sedangkan untuk ponsel Android kelas midend Mediatek mengandalkan seri Helio P20 dan Helio X20 untuk kelas ponsel highend Androidnya.

www.insomdroid.xyz

Samsung
Samsung selain mengeluarkan ponsel Android beberapa tahun belakangan Samsung juga rajin memproduksi prosesor Android. Di tahun 2016 ini ponsel jagoan mereka Samsung Galaxy S7 akan terdiri dari 2 tipe yaitu yang menggunakan prosesor Qualcomm dan prosesor buatan mereka sendiri yaitu Exynos 8890. Untuk kelas low dan midend ponsel Android nya Insomdroid belum dapat info apakah mereka akan mengeluarkan prosesor mereka sendiri juga.

Huawei
Huawei sebagai pabrikan yang baru saja dipercaya oleh Google membuat seri Nexus ini juga telah mengumumkan prosesor untuk ponsel Android terbarunya. Bermain di kelas highend dengan prosesor Kirin 950 nampaknya Huawei siap bertempur di ponsel kelas atas. Prosesor Kirin 950 ini rencananya bakal dipasangkan dengan GPU Mali T80.

Itu tadi daftar prosesor Android yang akan diluncurkan pada tahun 2016 ini. Well kamu belum mungkin siy beli langsung prosesor untuk Android secara terpisah, artinya kita tahu prosesor Android sudah tertancap di Android kita. Hal ini berbeda dengan komputer misalnya yang prosesornya bisa dibeli terpisah.

Ke depan mungkin kita bisa mengupgrade sendiri prosesor Android kita karena Google sendiri sudah membuat prototipe Project Ara dimana kita bisa meng custom hardware ponsel Android kita termasuk prosesornya. Bakal menarik juga punya ponsel Android custom hardware hehehe...

Jadi sudah memutuskan menggunakan prosesor apa untuk ponsel Androidmu di tahun 2016? Apakah kamu pengguna Android yang selalu mencek jeroan ponselnya juga kaya Insomdroid? Kasih tahu pendapatmu di kolom komentar ya :D

Comments

  1. aku pakenya redmi nih, masuk ke qualcomm bukan ? :D

    mampir ke blog saya juga ya :D
    http://www.infolaten.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. cina memang hebat ya..

    prosesornya sudah mantap..

    nanti apalagi ya kira-kira???

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya om kita tunggu aja selanjutnya, kabarnya serbuan prosesor baru dimulai pertengahan tahun ini hehehe...

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ini Dia Daftar Custom Rom Asli Indonesia

Tutorial Modding APK di Windows 10