Custom Rom AOKP M Siap Meluncur

www.insomdroid.xyz

Pernah dengar custom rom (cusrom) Android Open Kang Project atau lebih dikenal dengan nama AOKP? Well kalo kamu dulu pernah merasakan cusrom AOKP di Android ada kabar gembira buat kamu karena AOKP akan membuat cusrom AOKP berbasis versi Android terbaru yaitu AOKP Marshmallow alias AOKP M.


Kabar ini menarik bagi kamu pengguna cusrom Android selain nama cusrom Android lain yang juga terkenal seperti CyanogenMod (CM), OmniRom atau Pure Nexus. AOKP dalam postingan blognya mengatakan dalam rilis awal AOKP M akan mensupport berbagai macam smartphone Android yaitu seri keluarga Nexus (4,5,5x,6,6P), Motorola X dan One Plus 2.

Disebutkan juga smartphone Android yang menyusul kemudian yaitu One Plus One, Android One, Motorola G, Oppo Find 7. Mereka juga mengatakan tidak menutup kemungkinan akan mensupport device lain seperti keluarga Sony seri Xperia. Hmmm lumayan banyak juga niy yang disupport AOKP M. Pembaca Insomdroid ada yang masuk device Androidnya kah?hehehe...

Untuk kamu yang belum kenal AOKP di Android nama mereka sangat dikenal waktu Android masih di versi Jellybean (4.3) dan Kitkat (4.4). Fitur-fitur cusrom AOKP waktu itu juga fenomenal seperti Navigation Ring hingga 5 pilihan, Ribbon (swipe untuk masuk menu) dan Custom Toggle alias menambahkan menu sendiri di notification bar Android.

Ketika Android versi Lollipop (5.0) meluncur sayangnya tim AOKP vakum dan tidak mengupdate cusromnya disebutkan karena kurangnya anggota tim. Mereka beberapa kali membuat postingan tentang AOKP L namun sayangnya sampai keluarnya Android M tidak satupun rilis cusrom AOKP jadi dikeluarkan.

Saat ini AOKP M menggunakan base rom dari CM 13 dengan tambahan fitur dari cusrom lain dan fitur asli AOKP. Kalo Insomdroid lihat dari Gerrit mereka beberapa fitur seperti ROM Control, SlimRecent dan OmniSwitch bakal masuk juga di AOKP M ini. Kayanya juga bakal ada fitur PIE ala AOKP di cusromnya, kita nantikan saja kelanjutan cusrom AOKP versi Android M ini.

Buat kamu yang menunggu cusrom AOKP M kamu bisa langsung melihat beritanya di website mereka dengan alamat www.aokp.co. Disana juga ada alamat Github dan Gerrit mereka buat kamu developer Android yang ingin membuat cusrom AOKP sendiri dari rumah.

Ada pembaca Insomdroid yang dulunya pengguna cusrom AOKP? Menurutmu fitur apa yang harus ada lagi di versi AOKP M? Kasih tahu Insomdroid di kolom komentar ya :)

Comments

Popular posts from this blog

Ini Dia Daftar Custom Rom Asli Indonesia

Tutorial Modding APK di Windows 10