Review Lengkap OnePlus One + CM 13

www.insomdroid.xyz

Selamat malam pembaca Insomdroid dan salam bootloop buat opreker.. Hari ini Insomdroid akan membahas custom rom CyanogenMod 13 (CM 13) yang menggunakan Android terbaru yaitu versi 6.0.1. Nah spesialnya kali ini Insomdroid akan mereview custom rom tersebut di device Android milik teman Insomdroid yaitu OnePlus One \m/ . Oke mari kita ikuti bongkar fitur OnePlus One dengan CM 13 official.

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan custom rom CM 13 akan lebih baik kita kenali dulu device yang akan kita bedah fiturnya yaitu One Plus One. Meluncur pada tahun 2014 yang lalu, kehadiran OnePlus One membuat heboh dunia Android pada saat itu. Bagaimana tidak, OnePlus One menghadirkan Android device dengan spesifikasi high end namun dengan harga yang terjangkau.

Melihat jeroannya OnePlus One ini ditenagai oleh processor Qualcomm Snapdragon 801 dengan GPU Adreno 330. Dari segi memori pun bisa dibilang wah dengan RAM sebesar 3GB dan memori internal keluar dalam 2 versi yaitu 16/64GB. Meski tidak mendukung slot memori eksternal namun One Plus One sudah mendukung fitur USB OTG.

Dari segi tampilan OnePlus One hadir dengan layar berukuran 5,5 Inch beresolusi 1080x1920 pixels terbilang tajam dibanding ponsel dengan ukuran layar sejenis. Apalagi si layar OnePlus One ini juga sudah memakai perlindungan Corning Gorilla Glass 3, aman lah kalo dibawa kemana-mana hehehe...

www.insomdroid.xyz

Untuk fitur kameranya OnePlus One mengusung kamera belakang berkekuatan 13 Megapixel dan kamera depan 5 Megapixel. Jangan takut pula dengan kehabisan baterai saat kamu asik selfie karena OnePlus One menggunakan baterai berukuran 3100 Mah. Saat Insomdroid menggunakan OnePlus One ini terbilang cukup irit, bahkan Screen On Time-nya mencapai lebih dari 4 jam dengan intensitas pemakaian Insomdroid yang sangat aktif.

Nah itu tadi sekilas tentang hardware OnePlus One, sekarang kita akan masuk pembahasan selanjutnya yaitu CM 13 Official untuk OnePlus One. Sebagai informasi alasan lain kenapa OnePlus waktu peluncurannya menjadi heboh karena Android ini adalah device official yang menggunakan Cyanogen OS pertama kali.

Cyanogenmod memang sudah dikenal di dunia opreker Android sebagai alternatif OS Android. Didukung oleh ratusan developer yang setiap hari mengembangkan kode Android secara terbuka akhirnya mereka secara resmi mengumumkan menjadi perusahaan OS bernama Cyanogen OS.

Meski secara resmi Cyanogen OS pada One Plus One awalnya berdasarkan OS Android Kitkat, tidak lama setelah itu Cyanogen meluncurkan versi Cyanogenmod-nya. Begitu juga setelah peluncuran OS Lollipop dan Marshmallow, versi Cyanogenmod untuk OnePlus One kemudian juga meluncur secara official dengan nama CM 12 dan CM 13 dengan kode Bacon.

www.insomdroid.xyz

Untuk menggunakan CM 13 di OnePlus One kamu dapat mendownload terlebih dahulu CM 13 nya di link Official CyanogenMod. Seperti biasa kamu harus meng unlock bootloader + root OnePlus One nya dan install custom recoverynya yang bisa kamu baca dan cari di thread XDA untuk OnePlus One.

Kalo kamu akrab dengan custom rom CM 13 maka kamu tidak akan asing dengan tampilan pertamanya yaitu bootanimation dengan logo CID. Setelah itu seperti biasa kita diharuskan memasukkan akun Google kita dan akun Cyanogen jika punya, dan masuklah kita ke tampilan homescreen CM 13.

Buat kamu yang sudah pernah memakai CM 12 pasti tidak akan kaget dengan tampilan awalnya. Masih memakai Trebuchet launcher khas Cyanogenmod kali ini secara default tampilan menu di application drawer tampil secara vertical. Kamu bisa merubahnya dengan masuk ke pengaturan Trebuchet

www.insomdroid.xyz

Untuk aplikasi bawaan CM 13 pun tetap minimalis dengan fitur khas Cyanogen yaitu aplikasi kamera, file manager, player musik dan themes. Well dibanding bawaan Cyanogen OS milik OnePlus One yang secara official masih bertahan di OS Lollipop tidak ada penambahan atau pengurangan berarti.

Puas menjelajah homescreen dan application drawer Insomdroid masuk ke pengaturan CM 13. Tidak jauh beda dengan CM 12.1 fitur yang disediakan CM 13 tidak menyulitkan dengan karena disusun dengan rapi. Menurut Insomdroid siy fitur dari CM memang tidak selengkap custom rom lain namun demikian fitur yang disematkan sangat berguna seperti adanya fitur sistem profiles, pengaturan statusbar dan fitur privasi yang lebih lengkap dibanding stock rom Android M.

Secara keseluruhan mencoba CM 13 di OnePlus One, Insomdroid tidak menemui bug karena sudah versi official. Semua fitur CM 13 nya berjalan sempurna termasuk Insomdroid mencoba themes CM 13 yang ada di Google Playstore.

Dari sisi penggunaan pun CM 13 ini berjalan sangat smooth di OnePlus One. Game dan aplikasi berat juga bisa dimainkan lancar tanpa hambatan. Tidak salah memang OnePlus One saat ini disebut sebagai salah satu device favorit para Opreker Android. Menurut Insomdroid bagian yang paling penting dari CM 13 adalah peningkatan versi Android Lollipop ke Marshmallow terbaru (6.0.1)yang Google sendiri mengumumkan banyak peningkatan terutama dari segi keamanannya.

Demikian tadi review lengkap Insomdroid tentang OnePlus One dengan custom rom CM 13. Terimakasih Insomdroid ucapkan untuk teman yang sudah meminjamkan OnePlus One nya buat di review, jangan kapok ya hahaha...btw adakah pembaca Insomdroid yang memiliki OnePlus One ? Share pengalamannya di kolom komentar ya :)

Comments

Popular posts from this blog

Ini Dia Daftar Custom Rom Asli Indonesia

Tutorial Modding APK di Windows 10