Cara Edit Bahasa Clash Of Clans Terbaru

www.insomdroid,xyz

Halo pembaca Insomdroid, hari ini Insomdroid akan membahas cara edit bahasa di Clash Of Clans (COC). Pasti tahu kan di dunia maya lagi heboh tentang caranya mengubah bahasa COC jadi bahasa Indonesia,gaul, Jawa, Sunda sampai bahasa alay hahaha...Nah daripada penasaran berikut tutorialnya mengganti bahasa COC jadi bahasa yang kamu suka.

Oke sebelumnya pastikan Android kamu sudah dalam posisi root. Kalo Android kamu belum ter root kamu bisa baca tulisan Insomdroid tentang cara root Android tanpa PC. Jika Android kamu sudah ter-root maka kamu harus download dan install beberapa file sebagai berikut :

1. Notepad++ Teks Editor : Download  - Ini buat edit file teksnya di komputer alias PC. Insomdroid menyarankan penggunaan PC agar lebih mudah melihat teks yang akan kamu rubah. Untuk edit langsung di Android, kamu bisa gunakan aplikasi Jota++ - Download -

2. File editan Insomdroid : Download - Nah kalo ini hasil editan Insomdroid hahaha... Ga banyak yang dirubah karena Insomdroid hanya melakukan praktek tutorialnya saja.

3. Root Browser : Download - Kamu bisa pilih alternatif lain di Google PlayStore, yang jelas file manager tersebut harus bisa mengakses direktori root Android kamu. Insomdroid siy menggunakan Root Browser karena gratis hehehe...

Jika sudah download semua alatnya, sekarang saatnya mengedit teks COC nya menjadi bahasa yang kamu suka. Jangan lupa hafalkan dulu teks asli yang akan kamu rubah daripada bingung sendiri nantinya. Lanjut ke tutorialnya ya pembaca Insomdroid.

Pertama kamu tinggal buka file teks asli COC yang sudah kamu download tadi dengan Notepad++.
Supaya lebih mudah gunakan fungsi Ctrl+F di Notepad++ maka akan keluar kolom search. Masukkan kata yang akan kamu rubah dengan bahasamu di kolom Find What lalu tekan enter.

Contohnya Insomdroid ingin merubah "Town Hall" menjadi Markas maka kamu tinggal mengetikkan TOWN_HALL di kolom tadi dan pilih Find All In Current Document nanti akan muncul Find Result 12 hits. Masing-masing nama akan merubah sesuai keterangan yang tertulis disitu. Nah tinggal pilih yang akan kamu rubah, untuk merubah nama Town Hall ketika kita sentuh maka ganti kode berikut.

TID_BUILDING_TOWN_HALL, Town Hall 
Menjadi 
TID_BUILDING_TOWN_HALL, Markas

Atau contoh lain Insomdroid ingin merubah nama Dragon menjadi naga, maka masukan DRAGON di kolom search dan akan keluar 18 Hits. Pilih kata mana yang akan kita rubah lalu ubah kode sebagai berikut.
TID_DRAGON, Dragon 
Menjadi 
TID_DRAGON, Naga

Oh iya karena kita menggunakan bahasa Inggris di Android kita maka jangan ganti apapun di belakang koma selain nama yang akan kita ganti ya.

Jika sudah simpan file yang telah kamu edit baru saja dan rename menjadi texts.csv. Sekarang masukkan file teks editan ini ke Android kamu, kamu bisa menggunakan kabel data untuk lebih mudahnya.

Nah sekarang saatnya menggunakan fungsi Android yang sudah di root tadi. Buka File manager di Android mu lalu masuk dan paste kan texts.csv nya ke direktori ini

root/data/data/com.supercell.clashofclans/update/csv/paste disini

Oke sekian dulu cara edit bahasa di COC nya, semoga bisa bermanfaat untuk kamu. Kalo COC sudah di edit jangan lupa taruh gambarnya di kolom komentar ya!

*Credit Tutorial dan gambar dari agan Gery Abu di grup FB Komunitas Android Indonesia

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ini Dia Daftar Custom Rom Asli Indonesia

Tutorial Modding APK di Windows 10