Berkenalan Dengan Custom Recovery Di Android

http://www.insomdroid.xyz

Halo Pembaca Insomdroid maaf dua hari ini tidak posting artikel karena habis liburan hehehe.. Hari ini Insomdroid akan membahas recovery di Android. Kenapa Android recovery?Karena biasanya ini yang dibicarakan oleh pengguna Android setelah me-root Androidnya. Banyak juga salah kaprah yang Insomdroid baca di forum-forum tentang istilah recovery, Nah kali ini Insomdroid coba membahas tentang recovery di Android, yuk dibaca !

Mengapa Insomdroid bilang salah kaprah karena secara bawaan sebetulnya setiap gadget Android sudah punya sistem recovery-nya masing-masing. Recovery sendiri berarti penyembuhan atau masuk mode darurat ketika ada masalah dengan Androidmu. Untuk mengetesnya bisa kamu coba dengan menekan variasi tombol ketika kondisi Android kamu mati seperti Power+Vol up , Power+Vol up+Vol down atau Power+Vol Up+Menu tergantung dari merk Android kamu masing-masing. Nah ini biasa disebut Android recovery karena asli bawaan Android. Untuk lebih mudah menjelaskan recovert bayangkan komputer kamu ketika masuk ke mode bios sebelum masuk ke Windows. Jadi lebih sulit ya? :D

Well kalo kamu baru masuk di dunia oprek Android, istilah yang sering disebut setelah root adalah pembahasan tentang CWM (Clock Work Mod). Nah salah kaprah terjadi karena istilah Android recovery disamakan dengan CWM. Padahal CWM hanyalah salah satu dari sekian banyak custom recovery yang ada di dunia oprek Android. Custom recovery selain CWM dan populer di dunia opreker Android sebut saja TWRP (Team Win Reccovery Project), CR (CyanogenMod Recovery) dan CTR (Carliv Touch Recovery).

Android recovery sendiri berguna ketika Android kamu mengalami mati karena error atau bootloop setelah dioprek sehingga tidak bisa masuk ke menu utama atau ketika kamu ingin update OS Android kamu dan mengharuskan kamu masuk ke Android recovery. Namun demikian Android recovery memiliki kelemahan karena hanya bisa melakukan factory reset atau wipe data tapi tidak bisa untuk menginstall custom rom yang dibuat para developer.

Di sinilah kemudian para developer membuat Custom recovery seperti CWM, TWRP dan COT untuk mengatasi kelemahan yang ada di Android recovery bawaan. Kelebihan dari Custom recovery ini adalah dapat memback up sistem kamu baik secara penuh atau hanya sebagian saja seperti hanya data dari Android kamu yang tersimpan di internal storage. Kelebihan utama yang lainnya adalah dapat menginstall custom rom dimana Android recovery bawaan tidak mengenali format custom rom yang disediakan oleh para developer.

Jadi sudah jelas kan pengertian tentang Android recovery? Untuk tulisan Insomdroid berikutnya akan membahas berbagai macam custom recovery beserta cara installnya di Android kamu. Kalo kamu sudah paham tentang Android recovery bisa langsung ke postingan Insomdroid tentang custom rom terbaik buat Android kesayangan kamu.

Sekian dulu postingan kali ini, jadi saat ini Android kamu sedang menggunakan recovery apa? Tinggalkan kesannya menggunakan recovery tersebut di kolom komentar ya !

Comments

  1. For rooting your phones and tablet i would strongly recommend to use a good rooting tool like search4roots. Because it's safe and easy to install. Pack with good tools like titanium backup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you for the recommendation sir, i never heard sear4roots before, i will search it first :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ini Dia Daftar Custom Rom Asli Indonesia

Tutorial Modding APK di Windows 10