5 Cara Hemat Baterai Android

www.insomdroid.xyz

Halo apa kabar? Mumpung matahari lagi panas-panasnya mau bagi cara hemat batre Android kamu untuk artikel hari ini. Banyak yang bertanya ke Insomdroid gimana caranya agar baterai Android nya ga boros, padahal tidak ada satu tips yang berlaku universal karena tergantung juga aplikasi yang kita pasang di Android. Namun Insomdroid akan memberikan tips yang bisa digunakan secara umum, mari kita lanjut

Hal pertama yang harus diketahui batere Android memang boros hahaha... Tidak bisa dipungkiri semakin canggih Android kamu pasti fitur bawaannya akan lebih memakan daya baterai. Ini kenapa Google meluncurkan fitur Doze di Android M. Fungsi Doze sebetulnya menghemat baterai jika Android kamu tidak sering digunakan.

Android dengan layar yang semakin besar dengan resolusi semakin tajam, ini tentu akan meningkatkan pemakaian baterai kamu. Contoh fitur lainnya adalah lupa mematikan fitur yang sebetulnya tidak sedang dipakai seperti Bluetooth, NFC, Wifi, GPS, seringkali baterai kamu terkuras karena lupa mematikan fitur ini. Jadi matikan setelah digunakan ya.

Jangan lupa juga lihat kapasitas baterai kamu, orang banyak lupa jika membeli hp Android baru yang dilihat pasti kameranya, prosesornya, RAMnya, oke menurut Insomdroid itu penting tapi menjadi tidak berguna jika baterai kamu berukuran kecil. Untuk standar sekarang siy minimal kapasitas baterai adalah 2000mah jika ingin Android kamu bertahan setengah hari.

Nah karena bawaan OS Android memang sudah boros baterai yang bisa kita lakukan juga adalah kurangi aplikasi yang tidak perlu. Kamu ga harus install semua aplikasi chat yang ada di Playstore kalo yang kamu ajak chat sebetulnya orang yang itu-itu aja xD . Begitu juga dengan aplikasi media sosial, matikan notifikasi dan auto syncnya jika memang tidak sering digunakan. Caranya masuk ke Pengaturan > Akun > Disable Sync.

Jika baterai Android kamu masih boros jangan-jangan cara men-charge baterai kamu yang salah. Pastikan kamu memakai charger original dan biasakan mencharge sebelum peringatan baterai lemah, nah banyak orang mencharge Androidnya sampai 100 % , menurut Insomdroid justru sebaliknya, cukup charge sampai 98% , lakukan kebiasaan charging ini dan beberapa hari lihat hasilnya.

Lalu aplikasi apa yang bisa menghemat baterai Android? Tidak ada sebetulnya, karena kebanyakan aplikasi hemat baterai berjalan di belakang alias running background, alhasil Android kamu ga akan masuk ke posisi deep sleep waktu tidak digunakan. Insomdroid sendiri hanya menggunakan 2 aplikasi untuk managemen baterai yaitu Greenify (Untuk hibernasi aplikasi yang boros baterai) dan Leandroid (Untuk otomatis mematikan fitur wifi, bluetooth, GPS jika tidak digunakan).

Oke sekian dulu tipsnya cara hemat baterai Android. Kalo kamu jalanin tips diatas semoga baterai Android kamu tidak boros lagi. Komentar ya kalo ada tips lainnya dari kamu!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ini Dia Daftar Custom Rom Asli Indonesia

Tutorial Modding APK di Windows 10