Uji Jalur Mudik Bareng XL dan Android

www.insomdroid.xyz

Tak terasa lebaran akan datang tidak lama lagi. Seperti biasa tradisi khas pulang ke kampung yang sering disebut mudik menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perayaan idul fitri itu sendiri. Nah hubungannya dengan smartphone Android tentu saja saat sangat erat. Dengan kemajuan teknologi komunikasi kita dimudahkan untuk memberi kabar bagi sanak saudara atau kerabat baik dalam perjalanan maupun ucapan selamat ketika kita tidak dimungkinkan bertemu secara langsung.

Nah bicara tentang komunikasi tidak hanya dibutuhkan perangkat yang memadai agar lebaran terasa lebih meriah namun juga kesiapan dari provider yang kita pakai. Pasti akan terasa mengesalkan jika pada saat bulan puasa hingga lebaran kita justru terhambat untuk memberikan kabar, mengucapkan selamat hingga bermain game online untuk mengisi waktu luang menunggu buka puasa hehehe..

Dari pengalaman diatas saya mencoba untuk menguji jaringan dari operator yang saya pakai, tentu mengujinya bukan dengan peralatan canggih namun menguji dari sisi user langsung seperti mencoba kemampuan download, streaming video hingga bermain game online serta video calling. Saat ini saya mencoba dengan menggunakan provider XL yang beberapa waktu lalu telah menyatakan kesiapan jaringannya saat lebaran. Tidak hanya di jaringan call dan sms namun juga jaringan data baik 3G maupun 4G yang saat ini menjadi tren baru bagi pengguna smartphone di Indonesia.

Mumpung lagi liburan kuliah, Saya berkesempatan menguji jaringan XL di jalur Solo-Semarang, tidak jauh memang namun menurut saya test ini sudah cukup mewakili jalur yang saya lewati saat mudik nanti hehehe... Meski begitu XL menyatakan kesiapan jaringannya menghadapi musim lebaran  berlaku di Seluruh Indonesia, dan salah satu daerah pengujiannya adalah Jawa Tengah.

Oke kita mulai saja pengujiannya, berangkat dari tengah Kota Solo selalu muncul sinyal H+ di Android saya, artinya percobaan saya untuk mendownload file lagu berukuran 5 mb berjalan tanpa masalah, begitupun ketika saya coba untuk melakukan Line video call dengan teman saya di Jogja, tidak ada kendala lag ataupun terputus meskipun di tengah kepadatan jalan raya.

Kendaraan yang saya tumpangi meluncur mulus ke kawasan Boyolali begitu juga kemampuan XL yang saya coba untuk streaming video di Youtube berjalan lancar dengan kualitas 360p tanpa terputus. Nyaman sekali menikmati perjalanan sambil menonton review Android tanpa hambatan.

Memasuki kota Salatiga saya teringat harus melakukan Clan War di game favorit saya Clash Of Clan hahaha,  artinya pengujian berikutnya adalah untuk bermain game online di perjalanan. Dan benar XL ternyata memberikan saya kepuasan, game Clash Of Clan yang saya mainkan di perjalanan tidak ada masalah terputus jaringan, wah serasa di rumah bisa konsen deh mainnya. Mumpung menunggu pasukan saya jadi saya juga sempat mencoba game online lainnya seperti Get Rich dan Real Racing 3 dan lancar meskipun sinyal menunjukkan H saja.

Akhirnya tulisan Selamat Datang di Kota Atlas Semarang saya lihat.  Sore hari saya mengabari keluarga saya lewat Whatsapp Video Call bahwa saya telah sampai di kota tujuan. Heran meskipun di tengah keramaian kota XL tetap saja lancar, semoga bisa begini hingga nanti Musim Lebaran tiba. 

Kesimpulan saya meskipun musim lebaran belum tiba namun XL nampaknya sudah siap untuk menangani lonjakan trafik maupun data. Dari pengujian kecil yang saya lakukan, kartu XL terbukti mampu memuaskan saya dari hal koneksi data sehingga saya tidak mengalami gangguan berarti. sekian dari pengalaman saya menguji operator di jalur mudik xD

Comments

Popular posts from this blog

Ini Dia Daftar Custom Rom Asli Indonesia

Tutorial Modding APK di Windows 10