Cara Membuat Icon Android Mudah Dan Gratis

www.insomdroid.xyz

Kemarin libur sempat belajar membuat icon Android, karena saya ga punya PC yang bisa diinstal software-software canggih akhirnya dengan keterbatasan bisa edit icon di Android. Meskipun terbatas tapi buat ane worth it lah buat belajar hehehe, berikut tutorialnya :

Alat dan aplikasi yang dibutuhkan :
A. Photo Editor 
B. Quickpic (untuk mengcrop gambar aja siy) 
C. Laptop seadanya dengan koneksi internet 

1. Siapkan gambar untuk background icon, usahakan yang resolusinya besar sehingga ketika dikecilkan tidak begitu pecah gambarnya.

2. Kecilkan / resize atau crop gambar dengan ukuran 192x192 (ini settingan ane, sebetulnya di android ada banyak ukuran dari mdpi sampai xxxhdpi), jika bisa centang pilihan keep aspect ratio di Photo Editor

3. Siapkan gambar lain untuk icon di depan background icon, ane biasanya berburu di situs-situs desain yang menyediakan free icon resource. Paling mudah googling dengan kata kunci best free icon xD

4. Di Photo Editor buka gambar yang telah diresize lalu pilih add text/image pilih image icon foregroundnya. Di pilihan edit ada pilihan initial position pilih yang cente-middle. Alternatif lain adalah menambahkan text di background icon, lebih mudah tapi ane belum coba hasilnya

5. Kalo sudah save, begitu seterusnya untuk icon yang lain

6. Sekarang saatnya pakai netbook, buka situs roundpic.com jika ingin rounded di pinggir iconnya, lagi-lagi karena keterbatasan alat jadi ane pake software online, leptop ane ga kuat instal corel/photoshop xD . Uplod icon dan pilih rounded setelah loading akan ada menu pilih yang PNG dan pencet rounded lagi, baru download. Di situ ada pilihannya seberapa melengkung icon yang ingin kita buat, kekurangan situs ini hanya ga bisa batch image jadi kalo edit iconnya banyak, banyak pula tab yang harus dibuka lol

7. Kalo sudah jadi iconnya, sekarang buka situs optimizepng.com , situs ini berfungsi mengecilkan ukuran png yang kita buat, hebatnya bisa sampai 50% lebih ukuran iconnya berkurang tanpa mengurangi kualitasnya. Kelebihan situs ini bisa batch image sampai 20 png

8. Download lagi iconnya dan voila jadilah sudah, tinggal di zip dan dibagikan. Terimakasih sudah menyimak :)

NB pesan dan etika untuk edit icon dan sangat penting menurut ane

- Pastikan gambar/icon yang ingin dibuat icon ada free licensenya atau paling tidak izin dengan pembuat icon supaya tidak bermasalah nantinya. Banyak situs freebies yang menyediakan free icon resource dan biasanya mereka hanya ingin mencantumkan kredit atau link situs di karya kamu. Mengedit icon dari aplikasi bajakan sangat tidak cool bro kalau tahu repotnya bikin icon dari dasar, sangat-sangat tidak saya sarankan.

- Untuk merubah jadi apk, saya belum nemu caranya. Udah ada tutornya siy di xda tapi harus instal android studio yang mana saya belum instal, mungkin ada om2/tante yang bersedia memberikan tutor yang mudah? :)

Download homemade icon saya di : https://app.box.com/s/v99ju0wez4uvhxx6f7qn8pko68n085x2

Comments

Popular posts from this blog

Ini Dia Daftar Custom Rom Asli Indonesia

Tutorial Modding APK di Windows 10