Tips Memanfaatkan Android Bekas

Meluncurnya banyak ponsel Android yang saat ini hampir sebulan sekali membuat kita tergoda untuk memilikinya, padahal seringkali ponsel Android yang kita miliki sekarang masih sayang untuk dijual. Ponsel dengan sistem operasi yang dimiliki Android sebetulnya banyak yang bisa kita manfaatkan selain sebagai ponsel. bahkan jika ponsel Android kita memiliki OS yang sudah jarang seperti Froyo atau Gingerbread, sayang kan jika tidak terpakai?



Tulisan ini bertujuan agar kita bisa berkreasi dengan ponsel bekas yang biasanya tidak berfungsi di rumah. Di dunia elektronika sendiri memanfaatkan barang bekas ini sering disebut hacking, bukan hacking yang selama ini sudah disalahkaprahi di masyarakat menjadi sesuatu hal yang negatif, justru sebaliknya praktek "hacking device" ini bisa membuat kita semakin kreatif.

1. Instal Custom Rom
Pernah dengar istilah Custom Rom di Android? Yups sebetulnya tips ini beresiko namun demikian banyak orang yang melakukannya di Android mereka. Pada awalnya Custom Rom dioprek para developer untuk memperbaiki kode-kode yang ada di source Android (nanti kita bahas di lain artikel tentang Open Sourcenya Android). Biasanya perbaikan atas kode ini untuk menghilangkan bug pada OS ponsel yang diluncurkan oleh produsennya. Seiring berjalannya waktu, perbaikan atas kode ini meningkat hingga dapat merubah sistem yang ada dalam OS Android. Tidak heran kemudian lahir banyak tim developer ternama di luar negeri sana yang melahirkan OS Android dengan fitur-fitur yang lebih baik dari aslinya. Nah untuk ponsel kamu yang sekarang tidak terpakai, cobalah cari di berbagai forum barangkali tersedia custom rom yang cocok untuk Android anda. 

2. Media Player
Kemampuan Android untuk memutar media musik atau video sudah ada sejak diluncurkan pertama kali. Nah daripada Android kamu nganggur di rumah, cobalah untuk menjadikannya media player portable. Tinggal pasang aplikasi mp3 yang oke sekaligus equalisernya, beli headset berkualitas dan kartu memori berukuran besar jadilah Android kamu mp3 player yang keren. Pengen tidak keliatan kalo itu ponsel? Gampang, pasang saja cutting stiker untuk menutupi layar sentuhnya atau pasang casing yang keren, intinya tergantung kreativitas kamu :D

Mau yang lebih dahsyat, cek lagi spesifikasi Android bekasmu apakah mendukung TV out atau fitur kabel HDMI? kalau iya, maka jadikan Androidmu sebagai media player menggantikan dvd playermu di rumah. Kemampuan processor Android meskipun ponsel lawas beberapa sudah mendukung untuk memutar video hingga kualitas HD. Kamu hanya perlu membeli kabelnya, sambungkan suaranya ke speaker dan download film-film yang berkualitas HD maka Androidmu jadi berguna kembali. Aplikasi media player yang sering digunakan biasanya MX player yang mendukung Hardware Rendering atau XBMC player for Android

3. Game Machine
Bicara Android tidak lepas juga dari kemampuannya bermain game. Selain game Android sendiri yang sudah banyak beredar dan meraih sukses kamu juga bisa memanfaatkan Android bekasmu untuk bermain menggunakan game emulator. Sejatinya aplikasi emulator ini lebih dulu dikenal di dunia PC namun dengan spesifikasi Androidmu sekarang game PSP pun bisa dimainkan. Aplikasi emulatir ini bisa memainkan game-game nostalgia sebut saja nintendo, sega, super nintendo bahkan playstation. Kamu hanya perlu mendownload aplikasi emulator di Google PlayStore dan file gamenya yang banyak tersebar di internet dan siapkan memori berukuran besar. Mau lebih puas main gamenya coba cari aksesoris stik bluetooth untuk Android jadi serasa punya game player portable beneran. Tidak puas dengan layar kecil bisa juga kamu sambungkan Android kamu ke televisi (tergantung fitur yang ada di Android kamu jadi cek lagi spesifikasinya ya)

4. Modem Portable
Pernah lihat orang menenteng modem wifi ketika pergi? atau butuh koneksi beberapa gadget yang ada di rumah tanpa harus punya router? Android bekas kamu bisa jadi solusinya tanpa harus membeli gadget lagi. Hal yang perlu kamu lakukan hanya membeli simcard dan memilih provider yang menawarkan kuota unlimited. 
Fitur Wifi Tethering sebetulnya sudah ada sejak OS Froyo diluncurkan, namun baru menjadi tren ketika wifi hotspot mulai gencar di ruang-ruang publik. Nah untuk menjadikan Androidmu sebagai wifi hotspot cukup mudah, kamu tinggal masuk ke setting >> portable hotspot >> on, atau jika ingin dijadikan modem di PC cukup aktifkan fitur USB Tetheringnya. Jangan lupa untuk menstel passwordnya agar orang tidak bebas menggunakannya. 

5. Bingkai Foto Elektronik, Alarm, Buku Telepon
Fitur-fitur bawaan ini bisa juga bermanfaat di Android bekasmu. Alarm misalnya, sudah tidak zaman menggunakan alarm jam meja yang bunyinya itu-itu aja, manfaatkan fitur alarm Androidmu dengan lagu favorit, tidak khawatir lagi bangun kesiangan.

Pernah liat film Harry Potter dimana ada lukisan yang dapat bergerak? Tidak perlu membeli bingkai elektronik yang saat ini masih berharga mahal, cukup gunakan Androidmu untuk dijadikan hiasan meja dengan kumpulan fotomu. Meski fitur ini baru dikenalkan di Android JB 4.2 dengan nama Dream, namun tidak usah khawatir untuk pengguna ICS kebawah bisa menggunakan aplikasi serupa yang ada di Playstore. 

Fitur Buku telepon juga berguna ketika kamu mencari kontak teman-teman kamu. Karena semua Androidmu terhubung ke Google maka tidak usah kuatir kontaknya hilang, bahkan ketika kamu menambahkan kontak baru di ponsel Androidmu yang lain, kontak di Android bekasmu tetap terhubung sehingga bisa untuk backup.

Demikian beberapa tips yang dapat kamu praktekkan di Ponsel Android bekasmu. Sebetulnya masih banyak lagi yang dapat dieksplore (namun saya baru mencoba ini saja) Semua tergantung kreativitasmu untuk memanfaatkannya.  so selamat trial and error

Comments

Popular posts from this blog

Ini Dia Daftar Custom Rom Asli Indonesia

Tutorial Modding APK di Windows 10