BBM Kembali Diujicoba di Android


gambar dari crackberry.com
Setelah batalnya peluncuran Blackberry Messenger (BBM) di Android dan Iphone yang direncanakan pada bulan September lalu, Blackberry berencana meluncurkan ulang aplikasi chatting BBM untuk Android dan Iphone. Sebelumnya, peluncuran BBM untuk android dan Iphone gagal karena beredarnya aplikasi BBM yang beredar secara tidak resmi dan menyebabkan server Blackberry tidak mampu menampung pengguna BBM dari Android dan Iphone.


Pada situs resmi Blackberry, dikatakan aplikasi BBM yang diunduh secara tidak resmi dan beredar di forum dunia maya dalam 8 jam saja mampu menarik 5 juta orang. Blackberry memutuskan untuk menghentikan server BBM baik untuk Android dan Iphone agar tidak mengganggu sistem secara keseluruhan.  Tentu keputusan ini disambut kecewa oleh pengguna BBM yang telah berhasil menggunakan aplikasi BBM di ponsel pintar mereka meski hanya beberapa jam.

Dari aplikasi BBM yang telah berhasil dicoba, tampilan BBM untuk Android ini sangat mirip dengan BBM yang digunakan dalam ponsel Blackberry Z10. Fitur-fitur khas BBM seperti emoticon, mengirim file musik dan foto serta obrolan grup juga telah ditanamkan dalam aplikasi ini. Pengguna Android dan Iphone pun diberikan pin seperti pemilik Blackberry hanya saja diharuskan mendaftar Blackberry ID terlebih dahulu.

Hasil percobaan saat aplikasi BBM ini masih bisa dijalankan, pesan BBM terkirim dengan cepat tanpa jeda, update profil pengguna juga terlihat seperti saat menggunakan BBM di Blackberry. Fitur geser pada ponsel layar sentuh juga dimaksimalkan di BBM versi Android meski tampilannya tetap mencirikan BBM aslinya. Untuk dapat menginstal BBM disyaratkan memiliki Android dengan versi minimal 4.0 dan Iphone dengan IOS 5.

Bersamaan dengan ditariknya BBM untuk Android dan Iphone pihak Blackberry dalam pengumuman terakhirnya mengatakan akan terus berkomitmen membuat BBM untuk ponsel pintar lainnya. Meski tidak menjanjikan kapan aplikasi ini akan meluncur lagi, namun di situs crackberry.com mengatakan bahwa akan ada perbaikan dari tampilan BBM untuk Android dan Iphone yang telah meluncur kemarin, hal ini dilakukan sambil menyiapkan server Blackberry agar lebih siap saat peluncuran.

Momentum kebangkitan Blackberry menurut beberapa pengamat salah satunya juga ditentukan oleh BBM untuk seluruh pengguna ponsel pintar ini. Wajar saja karena Blackberry saat ini sedang mengalami krisis keuangan karena kegagalan produk terbarunya BB Z10 untuk bersaing di industri ponsel. Saat ini, meski sedang mengalami kemunduran pihak Blackberry juga sedang dilirik industri ponsel besar lainnya seperti Samsung, Lenovo dan Google untuk dibeli sahamnya.


Apakah kemudian BBM jadi diluncurkan untuk Android dan Iphone? Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari Blackberry karena tidak bisa dipungkiri pengguna BBM di Indonesia saat ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Apalagi pengguna ponsel pintar terus bertambah dari tahun ke tahun tentu ini bukan pasar yang dapat dipandang sebelah mata oleh pihak Blackberry. (Aldian AW/Berbagai Sumber)

Comments

Popular posts from this blog

Ini Dia Daftar Custom Rom Asli Indonesia

Tutorial Modding APK di Windows 10